Ulama Dan Umara

Rabu, 27 April 2011

SOAL MID EKONOMI MIKRO SYARIAH

MATERI MIDE UJIAN ( DUA HALAMAN )
PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM
MATA KULIAH EKONOMI MIKRO SYARIAH
SEMESTER IV.A DAN B



MATA KULIAH : EKONOMI MIKRO SYARIAH
Semester : Genap /2011
DOSEN : ASYARI,S.AG.,M.SI
MODEL : TAKE HOME EXAM


INTSRTRUKSI : Sdr mengerjakan tugas ini sebagai ujian mide. Saudara diminta membuat makalah dengan ketentuan:
1. Penulisan makalah sesuai dengan aturan penulisan karya ilmiah
2. Saudara diboleh memilik topic konsumsi atau produksi
3. Makalah paling sedikit sepuluh halaman dengan font new roman 12, spasi ganda dan diserahkan terakhir pada tanggal 30 April 2011.
4. Siapa yang menyerahkan diluar waktu tersebut dianggap tidak ujian

SOAL

Produksi dan konsumsi merupakan masalah problematis tetapi strategis dalam menentukan keseimbangan perekonomian. Jika pola konsumsi tinggi maka, otomatis membutuhkan produktivitas tinggi pula. Sebaliknya bila pola konsumsi rendah mengakibatkan lemahnya produksi dan distribusi, bahkan roda perekonomian. Namun tingginya pola konsumsi dan produksi dapat menyebabkan ketidakseimbangan pasar. Pola konsumsi dan perilaku produksi menentukan roda perekonomian. Al-Qur’an sebagai sumber ajaran, memiliki ajaran tentang konsumsi, produksi dan distribusi disamping aktivitas-aktivitas perekonomian lainnya. Di antara ayat konsumsi misalnya al-Baqarah(2): 168, al-Isra(17): 26-28, an Nahl (16): 114. Dalam ayat-ayat tersebut terkandung prinsip halal dan baik, tidak diperkenankannya perilaku berlebihan, pelit, boros, harus seimbang, proporsional dan pertanggung jawaban. Dalam al-Baqarah(2): 22, 29 an-Nahl(16): 5, 11, 65-71, Lukman (31) 20, al-Mulk (67): 15, yang merupakan ayat produksi mengandung ajaran bahwa kegiatan produksi harus memenuhi kebutuhan masyarakat, menimbulkan kemaslahatan, tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.
Dengan pendekatan tafsir ekonomi al-Qur’an, pemahaman terhadap ayat-ayat kunci di atas diharapkan mencapai pemahaman yang proporsional tentang produksi, distribusi dan konsumsi. Sebagai sebuah metodologi baru dalam pemahaman al-Qur’an, memungkinkan sampai pada kontekstualisasi nilai-nilai ekonomi al-Qur’an dalam praktek perekonomian. Dari pemahaman itu pula diharapkan dapat dijadikan pedoman bagi perilaku ekonomi baik tataran individu maupun masyarakat sehingga keseimbangan perekonomian dapat tercapai.
Tugas Saudara, buat makalah sehingga jelas bagaimana model konsumsi atau produksi dalam Islam setelah sebelumnya Saudara minta menjelaskan makna ayat-ayat dan hadist serta pendapat para ahli tentang kegiatan konsumsi atau produksi. Selamat bekerja (AS)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar