Jumat, 22 April 2011

REMAJA DAN AGAMA

Remaja merupakan asset sebuah bangsa,oleh karena itu remaja harus bisa menjaga diri dari suatu perbuatan yang di larang oleh agama,tpi zaman sekarang remaja kita lihat semakin merosot ahlaknya baik laki-laki maupun perempuan, mungkin ini di sebabkan oleh tradisi barat yang kini di adopsi oleh remaja islam indonesia.pantaskah tradisi kita pertahankan?

sekarangini kita remaja muslim indonesia tidak bisa lagi mempertahankan kultur islami sebagai mana yang di ajarkan oleh rasulullah Saw.Apa yang melatar belakangi ini semua? tidak jarang kita lihat seorang remaja muslim jatuh kepada suatu lembah kehinaan seperti zina,narkoba,judi dan sebagainya.

Sebenarnya inilah yang perlu kita waspadai karena sumber dari bencana itu semua adalah kultur budaya barat yang kini di adopsi oleh anak bangsa indonesia.lantas kenpa hal itu mudah di terima oleh mereka?
ada tiga alasan:

1.Kurangnya pengetahuan terhadap ilmu-ilmu Agama

Rasulullah Saw telah mewajibkan menuntut ilmu baik laki-laki maupun perempuan.
Rasulullah Saw., bersabda: مٍطَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ “

Menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap orang Islam” (Riwayat Ibnu Majah, Al-Baihaqi, Ibnu Abdil Barr, dan Ibnu Adi, dari Anas bin Malik)

Nabi Muhammad saw.bersabda

: مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ
Artinya : "Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya ; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) diakhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barangsiapa yang meginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula". (HR.Bukhari dan Muslim)



2.Kurangnya perhatian orang tua terhadap pergaulan anak.

حدثنا عبدان أخبرنا عبد الله أخبرنا يونس عن الزهري أخبرني أبو سلمة بن عبدد الرحمن : أن أبا هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( ما من مولود إلا يولد على الفطرة فأبواه يهودانه أو ينصرانه أو يمجسانه كما تنتج البهيمة بهيمة جمعاء هل تحسون فيها من جدعاء ) . ثم يقول أبو هريرة رضي الله عنه { فطرة الله التي فطر الناس عليها لا تبديل لخلق الله ذلك الدين القيم }

1271 – Telah menceritakan kepada kami ‘Abdan, telah memberitakan kepada kami Abdullah, telah memberitakan kepada kami Yunus dari al-Zuhri, telah memberitakan kepadaku Abu Salamah Ibn ‘Abdad al-Rahman: bahwa Abu Hurairah r.a. telah berkata: Rasulullah s.a.w. telah bersabda: "Tidak ada anak yang dilahirkan, kecuali dilahirkan atas kesucian. Dua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi sebagaimana binatang itu dilahirkan dengan lengkap. Apakah kamu melihat binatang lahir dengan terputus (hidung, telinga, dan sebagainya)?" Kemudian Abu Hurairah membaca ayat, 'fithratallaahil-latii fatharannaasa 'alaihaa' 'Fitrah Allah yang Dia menciptakan manusia menurut fitrah itu'."

Dalam hadist di atas berarti bahwa setiap anak yang dilahirkan adalah fitrah(suci)yaitu anak yang bagaikan kertas putih yang belum tertuliskan oleh sebuah pena,maka kertas itulah yang di tulis oleh sang orang tua,baik dengan tinta yang hitam maupun dengan tinta yang merah.

Di damping itu perintah untuk melindungi/memelihara keluarga juga di perintahka oleh allah dalam surat at-tahrim:6

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (At-Tahrim: 6)

3.Penerapan sistem pemerintahan yang salah.

Bangsa ini tidak akan pernah berubah ke arah yang lebih baik selama aturan-aturanya di buat oleh manusia,aturan allah lah yang pantas di jadikan sebagai aturan dibumi ini dan bukan aturan manusia.Manusia yang hidup didunia ini hanya sebagai khalifah,bumi beserta isinya merupakn titipan allah kepada manusia,maka manusia wajib menjaga titipan itu.